MotoGP 2014 Jerez Spanyol Jelang FP3/Q2; M1 Rossi Pakai Sasis Baru, Oke Katanya..!
Oto Racer - Dari akumulasi free practice 1 dan 2, Velentino Rossi hanya ke-6 di sirkuit Jerez, Spanyol, Jumat 2 Mei 2014. Doski direpot dengan set-up
suspensi dan ban akibat perubahan drastis cuaca di Jerez. Dibilang
drastis, lantaran Jerez di siang harinya tiba-tiba terik bangat. Fuanas euy..!
Ditambah lagi, di Jerez ini Rossi menggunakan sasis aluminium twin tube delta box
yang terbaru. Pastilah itu sasis multi setting pada geometrinya khas
M1. “Coba sasis berbeda hari ini (Jumat 2 Mei), fokus pengujian terutama
untuk stabilitas saat dipakai pengereman. Kesan pertama sih oke,” jelas
Rossi dengan nada yang bersemnagat.
Katanya, sasis baru
ini hanya 'langkah kecil' untuk memperbaiki hendling M1-nya. Sasis
tersebut akan kembali disesuaikan dengan set-up Jerez pada FP3 dan
nantinya akan diuji kencang-kencangan saat kualifikasi, Sabtu 3 Mei di Heres. Pastilah setelannya akan satu paket dengan suhu trek yang mencapai 50oC pada hari Jumat. Maksudnya, bila suhu trek tetap tinggi, settingan suhu tinggi ini yang dicari.
Teriknya Jerez yang tiba-tiba itu membuat kru Movistar Yamaha MotoGP yang menangangi M1 Rossi terbatas waktunya. Mereka tak
punya kesempatan untuk menyetel motor sesuai maunya ban, eh, trek, eh
Rossi. Ah pokoknya saling berkaitanlah. “Karena suhu tinggi, trek Jerez
jadi berminyak, ban depan dan belakang sulit dapat grip,” jelas The
Doctor yang catatan waktunya di FP2 lebih pelan dari FP1.
Rossi tidak hirau
ke-6. Alasannya, bukan hanya dia yang ingin cepat di FP2 namun tidak
berhasil akibat trek tadi. Motor sulit dikontrol saking licinnya. Panas
ini pula jadi jawaban kecepatan FP2 lebih rendah dari FP1 yang
berlangsung pagi. Tentu bukan hanya Rossi, tapi hasil di results semua
joki kendur.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar