Moto GP 2014 Sachsenring Jerman(jelang);Sirkuit pakai anatomi kiri
Otomotif Racer – Anatomi kiri termasuk otak yang paling banyak digunakan pada sirkuit Sachsenring, Jerman, yang akan dipakai ronde 9 MotoGP 2014. Karena sirkuit ini anti-clockwise atau berlawanan arah jarum jam. Karena itu, Dani Pedrosa from Repsol Honda Team yang dikenal kidal paling banyak menang di sana. Apalagi didukung RC213V yang memang cepat cabut-cabutnya di sirkuit yang tikungannya berdekatan tersebut.
Tahun lalu Pedrosa absen lantaran cidera. Tapi tahun ini, ia menyatakan siap bermain di sirkuit yang panjangnya hanya 3.671 meter tersebut. Di jarak begitu ada 13 tikungan dan 10 di antaranya menikung kiri. "Saya tak ingin secepatnya tampil di sana. Saya ingin menebus rasa kehilangan tahun lalu. Secara fisik sangat siap,” kata Pedrosa yang dari wajahnya memang sudah bernafsu, karena sudah lima kali menang di sana.
Tahun lalu juga Marc Marquez yang teman setimnya Pedrosa adalah juaranya, fatka dan memang bukti RC213V piawai di srikuit macam di Jerman. Kata orang sirkuit stop and go dan seperti itu data Sachasenring. Malah di dunia yang digunakan MotoBP adalah sirkuit terpelan atau lambat. Ya pelannya MotoGP, pak.
Bandingkan dengan Assen yang kecepatan rata-ratanya 174 km/jam dan Sachsenring bermain 140 km/jam yang jadi santapan empuk Honda. Motor ini dikenal SSG-nya sudah matang. Tapi, persoalannya, Marquez bukan joki yang harus dilihat mana sirkuit milik Honda dan mana sesuai karakter Yamaha. Pula sekalian mana sirkuit melawan arah jarum jam dan tidak. Semua tipe tersebut dia sudah sikat.
Memang sih yang namanya menikung, pasti ke sana dan ke mari. Yang menikung ke sana atau kanan itu hanya R1, R3 dan R11. Selebihnya dengkul, siku, badan, mata dan kepala tengok kiri.
Bagi penonton, itu mudah. Karena mereka tahunya hanya menikmati balapan. Bagi pembalap, itu aneh, lantaran mengubah rutinitas yang selama ini banyak menikung kanan.
Lantas Yamaha gimana? Tetap ada mujijat. Disebut mujijat, karena di sirkuit milik mereka saja, rada berat untuk melwati Marquez.Tipikal Sachsenring jauh dari speksifikasi M1. "Peluang tetap terbuka untuk melawan Marc di mana pun termasuk di Jerman," bilang Valentino Rossi.
Ayo, semangat dong. Sachsenring digunakan untuk MotoGP sejak 1998 dan katanya telah banyak perbaikan di sana-sani sampai seperti saat ini.
Rekor Sachsenring
MotoGP | |||||
Fastest Lap | 2008 | Casey STONER (AUS) | Ducati | 1'21.067 | 163.0 km/h |
Circuit Record | 2011 | Dani PEDROSA (SPA) | Honda | 1'21.846 | 161.4 km/h |
Best Pole | 2008 | Casey STONER (AUS) | Ducati | 1'21.067 | 163.0 km/h |
Top Speed | 2012 | Dani PEDROSA (SPA) | Honda | 293.0 km/h | |
Moto2 | |||||
Fastest Lap | 2011 | Marc MARQUEZ (SPA) | Suter | 1'24.733 | 155.9 km/h |
Circuit Record | 2012 | Alex DE ANGELIS (RSM) | FTR | 1'25.167 | 155.1 km/h |
Best Pole | 2011 | Marc MARQUEZ (SPA) | Suter | 1'24.733 | 155.9 km/h |
Top Speed | 2012 | Esteve RABAT (SPA) | Kalex | 251.5 km/h | |
Moto3 | |||||
Fastest Lap | 2012 | Maverick VIÑALES (SPA) | FTR Honda | 1'28.159 | 149.9 km/h |
Circuit Record | 2012 | Sandro CORTESE (GER) | KTM | 1'36.728 | 136.6 km/h |
Best Pole | 2012 | Sandro CORTESE (GER) | KTM | 1'42.989 | 128.3 km/h |
Top Speed | 2012 | Alex RINS (SPA) | Suter Honda | 203.2 km/h |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar